Administrasi Perkantoran

Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Suasana Praktek Administrasi PerkantoranTujuan Umum:
Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Sekretaris yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.

Tujuan Khusus:
SMK Program Keahlian Sekretaris sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa / tamatan:
1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
2. Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
4. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.
Jabatan dan Lingkup Pekerjaan:
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Sekretaris antara lain :
1. Sekretaris Yunior.
2. Juru Tata Usaha Kantor.
3. Sekretaris Muda (Yunior Secretary).
4. Juru Tik.
5. Resepsionis.
6. Juru Steno.
7. Operator Komputer.
8. Operator Telepon, Telex dan Facsimile.
9. Arsiparis/Agendaris.
10. Petugas Humas/Keprotokolan.
Kompetensi Tamatan:
* Kemampuan umum: Tamatan Program Studi Sekretaris dapat menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
* Kemampuan produktif: Kompetensi Produktif yang dimiliki tamatan program keahlian Akuntansi adalah seperti tercantum pada Profil Kompetensi Tamatan Sekretaris.